MATERI B

Setting IP :

Setting IP (Internet Protocol). Pada Icon My Network Places klik kanan properties pada Local Area Connection klik kanan klik properties, pada General klik Internet Protocol (TCP/IP) klik properties kemudian pilih Use the following IP address isikan pada IP, Subnet Mask, Default Gateway, dan preferred DNS Server.

Setting Modem:

Start-Programs-Accessories-Communication-Network Connections-Create New Connection-Next-Connect to the Internet – Nex-Set up my connection to manualy-Next-Connect using dial up modem-Next-pada ISP name (isikan nama ISPnya)-Next-Phone Number (isikan 080989999)-Next-Isikan User name : telkomnet@instan, password: telkom,confirm passwrd: telkom – Next – centang pada Add a shorcut to this connection to my desktop-Finish.

Domain Name System(DNS)

Nama Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau e-mail di jaringan komputer ataupun internet. Fungsinya yaitu mempermudah pengguna di Internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal dengan IP address. Nama domain dikenal juga sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs, contoh: wikipedia.org dan yahoo.com.

Nomor unik tersusun atas 32 bit yang dibagi menjadi 4 segmen dan tiap segmen terdiri atas 8 bit yang dipisahkan oleh titik. contoh : 255.255.255.255

TOP LEVEL DOMAIN

Memiliki tingkatan atau hierarki untuk memudahkan dalam pngidentifikasian. TLD (Top Level Domain) yaitu level domain yang terletak pada level satu. TLD dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. gTLD (generic Top Level Domain), yaitu domain yang terdiri atas berbagai jenis domain umum. Contoh: com (komersial), net (penyedia jasa jaringan Internet), org (organisasi non komersial), info (situs informasi), edu (lembaga pendidikan Amerika), gov (lembaga pemerintah Amerika Serikat), int (organisasi internasional), dan mil (kemiliteran Amerika Serikat).
  2. ccTLD (country code Top Level Domain), yaitu domain yang digunakan berdasarkan geografis dari suatu negara. Contoh: id(Indonesia), my (Malaysia), fr (Perancis), sg (Singapura), uk (Inggris), ru (Rusia), us (Amerika Serikat), dan jp (Jepang).

SECOND LEVEL DOMAIN

yaitu nama domain Internet yang berada pada level kedua. Contoh : domain http://www.erlangga.net  second level domainnya adalah “erlangga”. Jika http://www.smansago.sch.id, second Level domainnya yaitu sch.id. Second level domain di Indonesia terdiri dari :

  1. co.id (digunakan untuk badan usaha komersial yang mempunyai badan hukum yang sah);
  2. go.id (digunakan untuk Lembaga pemerintahan di Indonesia);
  3. ac.id (digunakan untuk lembaga pendidikan yang sekurang-kurangnya memiliki program diploma 1 thn (D1) dan beroperasi sesuai dengan perundangan yang berlaku);
  4. sch.id (digunakan untuk lembaga pendidikan tingkat sekolah, seperti TK, SD, SLTP, SMA, SMK, dan Madrasah dan juga lembaga kursus yang berada dibawah naungan PLSM Depdiknas).
  5. mil.id (digunakan untuk lembaga militer Republik Indonesia);
  6. net.id (digunakan untuk perusahaan penyelenggaraan jasa internet di Indonesia);
  7. or.id (digunakan untuk berbagai jenis organisasi yang tidak termasuk dalam domain ac.id, co.id, go.id, mil.id, dan net.id)
  8. web.id (digunakan untuk badan usaha atau organisasi yang melakukan kegiatan dalam world wide web (www));

THIRD LEVEL DOMAIN

Yaitu domain yang ada pada level 3. Nama domain ini diletakkan sebelum second level domain. Contoh: mail.yahoo.com, mail yaitu domain level 3. sman1gombong.sch.id, sman1gombong yaitu domain level 3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: